Ingin Menurunkan Berat Badan? Ini Dia 6 Jurus Jitu DIET Yang Mudah Dilakukan

Diet – memang banyak sekali orang yang ingin melakukan program Diet, hal ini terbukti bahwa kata kata Diet di internet merupakan kata yang paling banyak di cari. 


Cara cepat diet dan menurunkan berat badan

Tetapi bagi anda yang ingin melakukan program Diet harus hati-hati dan harus pandai untuk membuat program Diet anda berjalan lancar tanpa ada halangan dan mendapatkan hasil yang maksimal.

Tidak jarang orang yang salah dalam memilih strategi program Diet, padahal ingin mendapatkan menurunkan barat badan tetapi karena proram Diet yang salah justru timbangan melonjak drastis.

Diet yang bertujuan menurunkan berat badan juga akan memberikan efek negatif pada kesehatan tubuh jika dilakukan dengan cara yang salah.

Sebelum membahas bagaimana cara Diet yang sehat dan aman, catatan sehat akan memberikan pengertian Diet, supaya tidak kalian tidak salah mengartikan kata diet tersebut.

Diet adalah kata yang berasal dari bahasa Yunani kuno yang artinya “cara hidup”. Didalam bahasa inggris sendiri kata “Diet” merupakan serapan bahasa inggris yang artinya ialah “makanan yang bisa dimakan”.

Jadi arti kata Diet sebenarnya bukan hanya mempunyai tujuan untuk membuat berat badan menjadi turun dengan mengurangi jumlah makan dan batasan jenis makanan tersebut, dan banyak orang yang berpendapat bahwa Diet hanya dilakukan untuk orang – orang gemuk yang ingin badannya kurus.

Pengertian seperti itu kurang tepat.

Dengan demikian Diet dapat diartikan sebagai pola makan yang bergizi seimbang untuk mendapat tujuan berbeda, tergantung dari setiap orang itu sendiri.


Ada yang berdiet memang bertujuan agar berat badannya menurun, menjaga kesehatannya dan untuk mengelola kondisi kesehatan tertentu.

Dilihat dari definisi diet yang begitu banyak dan luas, maka mulai dari sekarang kita bisa meluruskan pendapat dulu bahwa diet tidak hanya dilakukan bagi/untuk orang gemuk saja.
Semua orang baik dari kalangan dan rentang usia, baik wanita atau laki laki, remaja, dewasa, bahkan anak – anak dan bayi pun hingga lansia boleh melakukan diet.

Hanya saja, yang perlu anda tahu adalah cara diet seperti apa yang sehat ? 

Pola makan yang seimbang dan sehat dapat membantu organ tubuh untuk bekerja secara efisien.

Jika nutrisi tidak tercukupi dengan baik pada tubuh anda, itu akan menyebabkan metabolisme didalam tubuh akan menurun yang menyebabkan Anda lebih gampang sakit dan mengalami perubahan berat badan yang siknifikan.

Aturan yang benar diet sehat agar turun berat badan - Jika tujuan pokok Anda adalah untuk menurunkan berat badan, ada banyak hal yang perlu anda diperhatikan sebelum mulai program diet.

Sebenarnya, diet yang bertujuan menurunkan berat badan itu tidak sesusah yang Anda pikirkan lo!

Jika Anda mengaplikasikan aturan sehat berikut ini, tidak hanya berat badan ideal yang Anda bisa dapatkan, melainkan diet sehat juga akan membuat Anda terhindari dari berbagai penyakit.


1. Tepat Dalam Memilih Makanan


Bila sampai saat ini anda terbiasa memakan makanan yang berlemak, berminyak, manis, dan asin, Alangkah baik nya mulai dari sekarang perlahan – lahan anda ganti menu makanan anda dengan yang lebih sehat.

Menentukan jenis makanan yang tepat menjadi pegangan dan peran penting sebagai jaminan kesuksesan diet Anda.

Pilihan makanan yang dapat memberi dukungan pada program diet sehat Anda, salah satunya ialah buah dan sayur fresh, daging merah serta putih tanpa ada lemak, ikan, kacang serta biji-bijian, susu serta produk susu rendah lemak, serta makanan kaya pati resisten.

Langkah diet sehat ini bisa Anda kerjakan dengan menghindarkan makanan yang berlemak dan memiliki kandungan gula tinggi.

Diluar itu, jauhi juga makanan cepat saji dan gorengan sebab makanan semacam itu cuma akan membuat diet sehat Anda gagal begitu saja.

Baca juga Manfaat Makan Sayuran dan Cara Memilihnya

2. Mengatur Porsi Makan
Semua makanan masih diperlukan badan, Anda tinggal mengendalikan porsinya dengan baik. Diet yang sehat bukan bermakna harus memotong jumlah makan Anda sampai seminimal mungkin.

Kuncinya Anda harus makan sesuai keperluan kalori /hari. Ingat, mengontrol konsumsi kalori masih penting supaya semua fungsi tubuh tetap berjalan maksimal.

Bagaimanakah cara mengkalkulasi keperluan kalori harian kala diet ? 
Sebenarnya tidak ada ketentuan yang pasti tentang perhitungannya. Keseluruhan keperluan kalori tiap orang itu bisa berbeda - beda, Tetapi bila tengah menjalankan program untuk menurunkan berat badan, baiknya Anda perlu kurangi 500 kalori tiap harinya. Dengan pengurangan ini, Anda bisa kehilangan 0,5 sampai 1 kg berat tubuh per minggu.

Untuk mengaplikasikan diet yang sehat, anda harus selalu ingat bahwa Anda harus penuhi semua zat gizi yang dibutuhkan tubuh dalam setiap kali makan. Dan pastikan bahwa ada sumber karbohidrat (makanan pokok), lemak yang sehat, serat, serta vitamin dan mineral, lauk yang beprotein (hewani atau nabati) dari lauk dan sayuran, dan Jangan sampai lupa siapkan buah-buahan sebagai camilan ( jangan terlalu banyak ) pada saat anda makan.

Ingat untuk selalu perhatikan jumlah makanan Anda. Yang paling cocok adalah anda membagi piring Anda menjadi 4 bagian. seperempat untuk karbohidrat, Seperempat lagi untuk daging (sumber protein), dan dua perempat lagi untuk sayuran.

Ingat, sebaiknya anda jauhi makanan berat yang berlemak atau makanan tinggi gula saat makan di malam hari, tujuan nya agar berat badan Anda masih terkontrol dengan cukup baik.

3. Buat agenda makan teratur
Banyak yang berasumsi jika diet semakin lebih cepat membawa hasil bila kita melupakan waktu makan. Ada yang pilih tidak untuk sarapan, tidak makan siang, atau mungkin tidak makan malam.

Tetapi sebetulnya langkah diet semacam ini salah. Justru diet yang seperti itu bisa membahayakan kesehatan anda dan itu akan mengacaukan program diet sehat anda.

Tidak masalah apabila anda yang menjalani program diet makan 3 kali sehari, tetapi harus anda harus memperhatikan porsi atau jumlah makanan seperti yang sudah dijelaskan diatas.

Yang jelas kuncinya adalah dengan menghindari makanan yang tinggi lemak dan yang tinggi kalori.

Pada saat makan pagi atau sarpan sebaiknya makanlah makanan yang berserat dan tinggi protein supaya bisa tetap kenyang sampai dengan siang hari.

4. Mengurangi Konsumsi Garam dan Gula 

Tidak hanya mengontrol jumlah menunya, Anda pun harus lebih bijak dalam memberi batasan untuk mengkonsumsi gula, garam, lemak, dan minyak.

Tidak sedikit orang sering melupakan bahkan meremehkan program diet sehat satu ini.

Walaupun sebenarnya mengurangi jumlah konsumsi seperti gula, garam, minyak, dan lemak merupakan salah satu kunci agar program diet sehat yang kita jalani berhasil dan juga dapat menjamin kesehatan tubuh dalam waktu jangka panjang.

Makanan yang memiliki kadar tinggi seperti garam, gula, minyak, serta lemak juga mempunyai kalori tinggi yang buruk bagi tubuh. , perlu di ingal bahwa awal dari semua masalah kesehatan adalah makanan yang mempunyai kalori tinggi contohnya adalah kenaikan berat badan, hipertensi, diabetes, kolesterol tinggi, sampai penyakit jantung.

Untuk membantu mengurangi gula, bias dengan mengganti gula pasir atau gula murni dengan gula atau pemanis yang rendah kalori.

5. Jangan Lupa Lakukan Olah Raga 


Langkah diet sehat yang termudah dilakukan adalah Berolah raga. Mengatur porsi makan saja tidak akan sukses menurunkan berat badan jika tidak dibarengi olahraga rutin.

Jika bukan dengan berolahraga, dengan cara apalagi yang bisa menghilangkan kalori didalam tubuh? Karena ektra kalori yang ada di dalam tubuh harus tetap di bakar.

Jadi, awalilah melatih diri untuk berolahraga dengan teratur paling tidak 30 menit setiap hari. Untuk mengawalinya, Anda dapat jalan-jalan santai atau jogging kurang lebih 30 menit di sekeliling rumah. Mulai saat ini buat berolahraga menjadi keperluan, bukan keharusan.

6. Mulai Hilangkan Kebiasaan Buruk
Setelah mengontrol pola makan dan olahraga teratur, program diet akan berjalan jauh lebih baik apabila jika kita menerapkan pola hidup yang sehat juga.

Bagaimana se pola hidup itu?


Ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan. Contoh nya tidur cukup dan berkualitas 6-8 jam per hari, sebisa mungkin untuk tidak kerja lembur dan begadang ( nonton drama kore misalnya,,hehehe ). Dan jangan mengonsumsi alkohol dan bagi anda yang merokok segera kurangi atau berhentilah merokok.

Itulah Tips – tips Diet sehat, Catatan sehat juga akan memberikan pilihan makanan untuk progam diet sehat. Sebetulnya ada banyak sekali makanan sehat yang bisa Anda konsumsi selama program diet berjalan lancar.

Beberapa contoh makanan di bawah ini bisa anda jadikan referensi buat Anda:

1. Oatmeal
Oatmeal salah satu makanan sehat yang sering kali dikonsumsi pada saat program diet. karena oatmeal adalah makanan yang memiliki serat tinggi, Oatmeal juga mengandung protein, fosfor, magnesium, dan vitamin B1.

Selain itu, Oatmeal juga berfungsi sebagai penghasilkan energi yang akan membuat Anda tetap semangat melakukan kegiatan sehari – hari.

Bukan hanya membantu untuk menurunkan berat badan, bahkan oatmeal juga mampu membantu menjaga kolesterol dan gula darah supaya tetap stabil. Sehingga banyak orang yang mengkonsumsi oatmeal sebagai menu sarapan, bagi orang yang melakukan diet oatmeal adalah pilihan yang tepat.

2. Putih telur
Pada umumnya putih telur sering dikonsumsi oleh binaragawan sebagai menu program diet sehat. Putih telur yang tinggi protein tetapi rendah lemak, sehingga sangat cocok untuk dijadikan makanan untuk program diet Anda.

Tidak seperti kuning telur, putih telur yang mengandung sedikit lebih banyak protein. putih telur memiliki kandungan 3,6 gram protein, sedangkan kuning telur hanya memilikikandungsn 2,7 gram saja.

Walaupun perbedaan kandungan protein antara putih dan kuning telur yang tidak banyak, tetapi yang membedakan adalah di kualitasnya.

Protein yang terkandung didalam putih telur adalah protein yang berkualitas tinggi. Protein yang kompleks itu mengandung asam amino esensial yang perlukan oleh tubuh.

Putih telur merupakan makanan diet yang sehat yang tidak memppunyai nilai indeks glikemik, karena tidak memiliki kandungan karbohidrat, sehingga putih telur aman di konsumsi oleh penderita diabetes.

Tetapi yang perlu diingat adalah harus dikonsumsi dalam porsi yang cukup dan sesuai dengan kebutuhan. 

3. Buah Apel
Buah Apel Adalah salah satu buah buahan yang paling sering dikonsumsi pada saat orang sedang diet. Buah yang berwarna hijau atau merah ini mengandung zat gizi yang sangat baik dan akan membantu progres diet Anda dan akan membantu menurunkan timbangan berat tubuh anda.

sebuah apel (beratnya ±100 gram) memiliki kandungan 95 kalori, meski memiliki kalori yang tinggi, buah apel adalah buah yang bebas dari lemak, kolesterol dan natrium. Buah apel ini juga mengandung banyak air yaitu 86% kandungan yang ada di dalam buah apel adalah air.

Sedangkan serat yang terkandung dalam buah ini adalah serat yang larut air yang akan membuat Anda tahan lapar lebih lama. Oleh karena itu anda bisa menjadikan buah Apel sebagai alternatif makanan di waktu makan sehingga dapat mengurangi anda mengkonsumsi jumlah makanan yang masuk ke dalam tubuh anda.

Apel juga aman dikonsumsi penderita diabetes karena mempunyai nilai indeks glikemik rendah.

4. Brokoli
Brokoli dapat Anda utamakan menjadi satu diantara makanan diet sehat. Ini lantaran brokoli rendah kalori tetapi kaya vitamin, serat, dan mineral. Coba anda bayangkan, didalam satu gelas yang terisi penuh dengan potongan brokoli cuma memiliki kandungan 30 kalori saja. Sedangkan untuk kandungan serat, brokoli mempunyai serat sekitar 5 gr yang bisa akan membuat Anda merasa kenyang sepanjang hari.

Bukan sekedar itu, sayur ini dapat mengontrol kandungan gula dalam darah.

5. Ikan
Tidak hanya beberapa jenis makanan yang telah dijelaskan diatas, Anda dapat konsumsi ikan menjadi makanan diet sehat. Kandungan lemak yang berupa omega-3 didalam ikan bisa menolong Anda menurutkan berat tubuh.

Diluar itu, satu riset yang dikerjakan di Swedia mengutarakan jika orang yang makan malamnya menggunakan ialah ikan condong terlatih makan lebih dikit esok harinya daripada orang yang makan daging.

Supaya faedah ikan ini lebih maksimal, semestinya jauhi konsumsi ikan lewat cara digoreng. Bukannya turunkan berat tubuh, penambahan minyak malah akan memberikan semakin banyak lemak di badan Anda.

6. Makanan atau Cemilan yang rendah akan kalori
Tidak perlu tinggalkan rutinitas untuk ngemil. Sepanjang melakukan program diet, Anda sebetulnya tidak dilarang kok untuk makan cemilan. Sekarang ini sudah banyak cemilan sehat yang di jual di pasaran menjadi makanan diet sehat.

Namun, pastikan bila cemilan yang Anda makan memang rendah kalori serta tidak memiliki kandungan gula tinggi. Oleh karenanya, tetap check nilai gizi yang tercantum dalam kemasan atau bungkus makanan sebelum Anda beli cemilan tersebutt. Lihat dengan jeli kandungan gula, lemak, dan kalori di cemilan itu.


Ok.. mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan,,

Jika kalian mempunyai pendapat atau saran silahkan tambahkan ke kolom komentar.

Belum ada Komentar untuk "Ingin Menurunkan Berat Badan? Ini Dia 6 Jurus Jitu DIET Yang Mudah Dilakukan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel