12+ Manfaat Buah Mengkudu dan Hal Yang Perlu Diperhatikan

Manfaat Buah Mengkudu - Buah yang satu ini mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kita, buah yang banyak di temukan di daerah Asia tenggara termasuk indonesia banyak meliki manfaat bagi kesehatan.
Buah mengkudu juga telah dipercaya sejak jaman dahulu sebagai obat tradisonal, tidak heran sekarang buah yang satu sudah terkenal dan dipercaya manfaatnya untuk kesehatan dibergai belahan dunia.
Manfaat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan

Kenapa banyak orang yang enggan mengkonsumsi buah mengkudu?
Karena buah ini memiliki bau yang menyengat sehingga jarang orang yang menyukai nya, padahal Buah mengkudu ini mengandung antioksidan kuat seperti Vitamin B3, Vitamin A, Vitamin C serta Zat besi.

Buah mengkudu juga menggandung Zat Kalium, Zat kalium adalah mineral yang dapat membantu dalam mempertahan kan daya tahan tubuh kita.

Untuk membuat anda yakin bahwa buah mengkudu ini bermanfaat bagi kesehatan.

Berikut ini Manfaat buah mengkudu :

1. Menambah Stamina
Bagi anda yang memiliki aktivitas atau pekerjaan yang terbilamg padat, mengonsumsi buah mengkudu dapat dipercaya mampu menambah dan meningkatkan stamina.
Anda dapat mengkonsumsi buah mengkudu dengan cara dibuat Jus buah mengkudu.

2. Mengurangi Resiko Encok
Encok adalah radang pada bagian sendi disebabkab penumpakkan kristal asam urat di persendian.
Dalam penelitian bahwa telah menunjukkan salah satu manfaat mengkudu bisa mengurang konsentrasi asasm urat didalam darah, sehingga dapat mengurangi resiko Encok.

3. Dapat Membantu Sistem Percernaan
Mempunyai masalah pencernaan atau anda yang susah BAB (buang air besar), anda dapat memngkonsumsi buah mengkudu. Mengkudu yang memiliki kandungan serat tinggi mampu membantu melancarkan proses pencarnaan dan untuk mengatasi sembelit.

4. Membantu Mencegah Penuaan
Kandungan Vitamin C dan Selenium yang terdapat pada buah mengkudu bisa melawan radikal bebas, yang dapat mencegah penuaan dan menjaga kulit tetap elastisitas.

Karena merawat kulit serta menjaganya supaya tetap sehat dan awet muda adalah hal yang penting, apalagi bagi kaum wanita.

5. Meredakan Nyeri
Bagi kaum wanita yang sering mengalami nyeri saat menstruasi atau datang bulan, buah mengkudu dipercaya dapat mengurangi rasa nyeri saat menstruasi karena kandungan Sedatif dan Analgesik yang terdapat pada mengkudu bermanfaat mengurangi nyeri pada tubuh.

Tidak hanya Nyeri pada saat menstruasi saja, buah mengkudu juga dapat mengurangi nyeri pada sendi, radang sendi dan jenis peradangan yang lainnya.

6. Mempercepat dalam Menyembuhkan Luka
Banyak orang yang mengeluhkan luka yang tak kunjung sembuh atau tidak cepat mengering, hal itu terjadi karena kadar gula darang yang cukup tinggi.

Anda bisa mengontrol kadar gula dalam tubuh dengan cara mengkonsumsi buah mengkudu sehingga penyembuhan luka dapat dipercepat.

7. Dapat Mengobati Demam
Studi yang dilakukan membuktikan bahwa buah mengkudu memiliki sifat yaitu antivirus sehingga dapat menghilangkan demam, nyeri dan batuk.

8. Kekebalan Tubuh Dapat meningkat
Dengan mengkonsumsi jus buah mengkudu dapat meningkatkan kekebalan tubuh kita, kareda dandungan Scopoletin yang terdapat dalam Jus buah mengkudu ini mempunyai sifat anti jamur, anti bakteri, anti histamin dan anti inflamasi sehingga dapat meningkatkan kekebalan dalam tubuh kita.

9. Membantu Dalam Mengendalikan Tekanan Darah Tinggi
Kandungan Scopoletin dalam buah mengkudu selain dapat membantu meningkatkan kekebalan dalam tubuh, mengkudu juga mengandung Triptofan dan Proxeronine yang ternyata dapat dapat bekerja membantu dalam mengendalikan tekanan darah tinggi dan menjaga agar tetap stabil

10. Dapat Mengurangi Strees
Kandungan Vitamin dan Nutrisi pada buah mengkudu dapat mengurangi rasa stres anda, tetapi perlu diingat mengkonsumsi jus mengkudu tidak serta merta stres anda akan hilang, perlu di imbangi dengan olah raga seperti meditasi dan yoga.

11. Mengatasi Jerawat
Selain bermanfaat mencegah penuaan ada manfaat lain buah mengkudu untuk kulit yaitu jerawat.
Sumber Vitamin C yang terdapat pada buah mengkudu bisa membantu anda mengatasi masalah jerawat, tidak hanya jerawat saja buah mengkudu juga dapat mengatasi kulit kering dan dapat menghilangkan noda hitam pada kulit.

Baca juga Cara menghilangkan Jerawat dalam 3 Hari

12. Mengatasi Ketombe dan Kutu
Sejak Jaman dahulu Buah mengkudu dapat dipercaya sebagai penghilang kutu dan ketombe. Gigitan yang ditimbulkan oleh kutu dapat menyebabkan infeksi terjadi di klit kepala, Kandungan Antivirus dan Anti bakteri mengkudu mampu menghilangkan kutu dan ketombe dan juga mengasi infeksi kulit kepala.

13. Membantu Menurunkan Berat Badan
Apabila anda mempunyai berat badan yang Berlebih, anda dapat memanfaatkan buah mengkudu karena kandungan Oksida nitrat yang ada didalamnya yang digunakan otot dalam melakukan metabolisme.

Baca juga 6 Jurus Jitu Diet yang mudah Dilakukan

Oksida nitrat berfungsi mengambil sel lemak dalam tubuh sehingga lemak dalam tubuh akan berkurang.

Buah mengkudu mengkudu memang memiliki banyak sekali manfaat, tetapi ada hal yang patut diperhatikan sebaelum anda mengkonsumsi buah mengkudu.

Berikut hal yang harus di perhatikan sebelum mengkonsumsi buah mengkudu :

  • Bagi ibu yang sedang hamil dan sedang menyusui
Buah mengkudu sejak dulu dipercaya berdampak buruk bagi janin dan bayi. jika anda sedang hamil atau menyusui sebaiknya anda menghindari mengkonsumsi buah mengkudu.
  • Mempunyai Penyakit Ginjal
Perlu diketaui bahwa buah mengkudu memiliki kandungan kalium yang dikuatirkan dapat memperparah orang yang mempunyai gangguan penyakit ginjal, alangkah baiknya jika anda menghindari untuk mengkonsumsi buah mengkudu.

Bijaklah saat anda akan mengkonsumsi sesuatu walaupun itu sifatnya alami dan herbal, karena segala sesuatu mempunyai efek samping yang mungkin merugikan apalagi bila dikonsumsi berlebihan.
Sangat penting Konsultasi ke Dokter terlebing dahulu sebelum mengonsumsi sesuatu.

Belum ada Komentar untuk "12+ Manfaat Buah Mengkudu dan Hal Yang Perlu Diperhatikan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel