Lemas Ketika Berpuasa? Berikut Tips Menjaga Tubuh Agar Tetap Fit Saat Puasa & Puasamu Tidak Lemas

Cara agar Tetap Fit di Bulan Ramadhan - Dalam satu hari, manusia membutuhkan makanan dan minuman dalam jumlah yang cukup banyak sebagai sumber pasokan energi.

Namun perilaku ini tidak berlaku saat menjalankan ibadah puasa terutama di bulan Ramadhan. Di mana kamu harus berhenti makan dan minum selama kurang lebih 12 hingga 13 jam lamanya.

Cara agar tetap fit saat berpuasa dibulan ramadhan

Sebetulnya puasa sendiri memiliki banyak manfaat untuk tubuh, salah satunya adalah untuk mendetoks racun-racun yang tertimbun di dalam tubuh yang bisa saja didapat dari makanan atau minuman yang biasa di konsumsi. Lantas bagaimana caranya agar tubuh bisa tetap fit di bulan ramadhan ini, ini dia tipsnya.

Perhatikan Pola Makan Saat Sahur Dan Buka Puasa

Saat makan sahur, sebaiknya konsumsi makanan yang mengandung lebih banyak serat seperti buah dan sayur. Serat dipercaya mampu menahan lapar lebih baik karena tubuh memerlukan waktu yang lebih lama untuk mencernanya.

Jika kamu sudah melengkapi dengan sayur dan buah yang beraneka warna, maka kamu bisa mengabaikan vitamin.

Untuk kamu yang menderita sakit lambung, ada cara agar tetap fit di bulan Ramadhan ini, tetap lakukan puasa, karena puasa dipercaya bisa memperbaiki sistem kerja tubuh dan kondisi lambungmu dan untuk mencegah meningkatnya produksi asam lambung, hindari makanan yang bisa menimbulkan gas, seperti mie, minuman bersoda, cabai, juga jenis makanan lainnya yang telah melalui proses pengawetan.

Selanjutnya pola makan pada saat berbuka puasa yang juga harus kamu perhatikan. Sebaiknya kamu tidak makan secara berlebihan.

Minum air hangat sebaiknya dipilih sebagai pembuka, karena minuman dingin hanya akan membuat perut menjadi kembung dan asam lambung akan semakin meningkat.

Kunyah makanan dengan baik dan jangan terburu-buru agar lambung tidak kaget. Begitu juga bagi yang sudah berusia lanjut sebaiknya makan secara bertahap. 

Baca juga Pola Makan Nabati  dan 8 manfaatnya

Dan jika kamu ingin mengetahui cara agar tetap fit di bulan Ramadhan, sebaiknya hindari makanan yang mengandung kolesterol dan lemak tinggi seperti misalnya, gorengan. Kemudian hindari untuk langsung pergi tidur sesaat setelah berbuka puasa karena tubuh perlu waktu untuk bisa mencerna makanan.

Pilih Jenis Olahraga Yang Tepat

Merasa lemas saat berpuasa dikarenakan tidak ada pasokan makanan dan cairan kemudian memilih untuk tidur sepanjang hari bukanlah jawaban agar badan tetap segar dan fit. Kamu juga bisa memilih beberapa jenis olahraga ringan.

Ada beberapa jenis olah raga yang tepat agar tetap fit dan tidak menguras banyak energi, seperti berjalan kaki, jogging, pilates atau juga bersepeda.

Lakukan olahraga selama 30 hingga 60 menit menjelang waktu berbuka puasa atau beberapa saat setelah berbuka puasa. Namun hentikan segera aktivitas olahraga jika merasa pusing atau lemas.

Perhatikan Asupan Cairan

Benar jika berpuasa maka kesempatan untuk minum menjadi berkurang. Kamu hanya perlu mengatur waktu untuk bisa minum dengan jumlah yang tepat pada saat berbuka puasa dan sahur.

Hal tersebut dapat membantu karena salah satu cara agar tetap fit di bulan Ramadhan.
Jumlah air putih masih harus 8 gelas perharinya, kamu bisa meminumnya satu gelas saat berbuka puasa, kemudian satu gelas sebelum shalat maghrib. Empat gelas selanjutnya bisa kamu atur sebelum tidur, semisal dua gelas setelah shalat tarawih dan menjelang tidur. Sementara dua gelas lainnya bisa dilakukan setelah bangun tidur, sebelum dan setelah makan sahur.

Nah, itu dia cara agar tetap fit di bulan Ramadhan, pastikan kamu juga tetap memperhatikan jadwal tidur. Majukan jam tidur hingga kamu bisa terbangun di waktu sahur dengan jam tidur yang cukup. Sempatkan untuk tidur siang selama 20 hingga 30 menit agar energimu tetap terjaga.

Baca juga Penyebab Susah Tidur dan Cara Mengatasinya

Jika Artikel Ini bermanfaat silahkan di share..

Belum ada Komentar untuk "Lemas Ketika Berpuasa? Berikut Tips Menjaga Tubuh Agar Tetap Fit Saat Puasa & Puasamu Tidak Lemas"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel