Inilah 7 Penyebab Insomnia Dan 7 Tips Cara Mengatasinya - Solusi Jitu Bagi Yang Susah Tidur

Insomnia - mungkin kata itu sudah tidak asing lagi ditelinga kita semua. insomnia adalah keadaan dimana ketika malam hari kita susah sekali untuk terlelap atau tertidur, walaupun kita sudah berjam - jam berbaring diatas tempat tidur.


memang sangat menyebalkan jika kita tetap terjaga di malam hari padahal kita sudah ingin sekali untuk terlelap dan istirahat setelah seharian beraktifitas.

semua orang tahu bahwa kurang tidur dimalam hari itu bisa mempengaruhi berbagai aktifitas kita disiang hari, karena dapat mengurangi kebugaran tubuh, mood, energi dan yang pasti adalah produktifitas kerja yang berkurang.

dengan demikian penting bagi kita mengetahui penyebab dari insomnia agar tidur yang nyenyak bisa kita rasakan kembali.

Penyebab insomnia

1. Stres
Terpikirkankan oleh anda bahwa salah satu penyebab insomnia atau susah tidur salah satunya adalah stress, dalam kondisi pikiran tidak karuan akan mengakibatkan tudur menjadi sulit.

Walaupun bisa tidur itupun tidak lama pasti akan terbangun dan terjaga kembali sepanjang malam walaupun kondisi tubuh merasa kelelahan.

2. Gelisah
Gelisah juga menjadi penyebab terjadi nya insomnia, kegelisaan ini seing dialami oleh orang dewasa biasanya terlalu memikirkan persoalan - persoalan kehidupan baik itu rumahtangga, pekerjaan dan yang dialami kaum muda adalah soal hubungan asmara.

Beban pada pikiran yang ada di dalam kepala inilah yang akan membuat kita sulit tidur karena terus merasa kegelisahan, cemas dan gugup di waktu malam.

3. Tidur Siang yang cukup lama
Sebagian besar orang melakukan tidur siang dapat membantu meraka untuk mendapatkan tidur malam yang berkualitas.

Tapi perlu di ingat tidur siang juga harus ingat waktu jangan terlalu lama, durasi yang efektif untuk tidur siang adalah 30 - 120 menit.

Tetapi kebanyakan orang yang yang mengalami kesulitan tidur di malam hari akan melakukan balas dendam dengan cara tidur disiang hari dengan waktu yang lama bahkan sampai 6 jam, lebih buruknya lagi kondisi seperti ini akan berulang dikeesokan harinya dan apabila dibiarkan akan membuat kondisi kesehatan anda terganggu.

4. Pekerja Shift
Keadaan dimana anda dituntut oleh pekerjaan dengan waktu yang kadang tidak beraturan, terkadang kerja malam dan terkadang kerja siang. waktu dan jadwal tidur yang tidak beraturan ini yang membuat kondisi biologis di tubuh kita menjadi bingung dan tubuh tidak bisa memastikan waktu istirahat / tidur yang pas buat dirinya sendiri.

5. Bermain HP saat hendak tidur
Tidak dapat dipungkiri kalau HP menjadi salah satu kebutuhan di era milineal ini karena dimanapun kita tidak bisa lebas dari ponsel bahkan saat hendak tidur sekalipun.

Berbeda dengan TV yang sebagian orang berpendapat menonton TV sebelum tidur banyak membantu untuk cepat terlelap. Tetapi jika kita melakukan aktifitas yang membuat kita berinteraksi seperti main game, chatting atau hanya sekedar main facebook sebelum tidur, kegiatan tersebut membuat atok kita bekerja kembali dan mencegah nya istirat sehingga dapat menjadi penyabab insomnia.

6. Konsumsi Kafein Berlebihan
Kafein merupakan stimulan, Kebiasaan dari kebanyakan orang adalah mengkonsumsi kopi untuk membantu supaya lebih fresh dan lebih produktif. agar anda ketahui mengonsumsi kopi yang berlebihan juga menjadi salah satu penyebab insomnia.

Ada sebuah pendapat dari National Sleep Foundation menyimpulkan jika seseorang mengkomsumsi 4 gelas atau lebih minuman yang mengandung kafein dalam satu hari mereka mengalami gejala insomnia lebih besar dari pada mereka yang mengonsumsi minuman kafein hanya 1 gelas saja.

Jadi bagi anda yang mengalami insomnia dan sekarang sedang mengkonsumsi kopi alangkah lebih baik jika mulai dari sekarang anda mengurangi jumlah kopi yang anda konsumsi.

7. Efek dari obat obatan
Mengkonsumsi obat obatan untuk menyembuhkan penyakit yang sedang anda derita bisa menjadi salah satu penyebab insomnia sebagai efek smpimg dari obat obatan tersebut.

Walaupun anda sudah mengurangi kopi supaya tidak mengganggu tidur anda dimalam hari, sebagian dari obat - obatan ternyata mengandung kafein dan stimulan lainnya.

untuk menghindari obat yang dapat mengganggu tidur anda ada baiknya jika anda konsultasikan kedokter tentang obat yang anda konsumsi dan gangguan yang membuat anda kesulitan untuk tidur.

Itulah beberapa penyabab terjadinya insomnia, dan berikut
tips bagaimana cara mengatasi insomnia :

1. Menenangkan Diri
Yah..menenangkan diri ketika akan tidur malam dapat membantu mendapatkan tidur yang nyenyak dan berkualitas, Bagaimana caranya ?

Buatlah suasana tenang nan damai didalam kamar, suasana yang tenang dapat membantu anda untuk menghilangkan penat dan kejenuhan pekerjaan setelah dan aktivitas sianghari sehingga anda dapat tidur dengan nyenyak.

Salah satu contoh nya anda bisa mendengarkan musik yang alunan nya tenang atau dengan tempo yang lambat.

2. Nyaman
Membuat diri anda senyaman mungkin di tempat tidur, dengan cara seperti itu membuat anda lebih cepat untuk tertidur dan terlepas dari insomnia.

Untuk memastikan kenyamanan anda ditempat tidur usahakan agar tempat tidur anda bersih dan wangi sehingga anda bisa merasa nyaman.

pastikan juga kasur yang anda pakai tidak keras, karena kasur yang keras dapat mengurangi kenyamanan tidur, kondisi kasur tempat anda tidur ternyata mempengaruhi kualitas tidur (terlihat sangat sepele tetapi hal tersebut memang benar dapat membantu dalam mengatasi insomnia)

3. Usahakan Kondisi Kamar Gelap
Menurut sebagian orang meraka lebih senang tidur dengan kondisi kamar gelap karena akan membuat lebih cepat terlelap, ini bisa untuk dijadikan sebagai solusi bagi penderita insomnia.

Kondisi kamar yang gelap dapat mempercepat otak kita istirahat sehingga mudah untuk anda terlelap.

Dan bagi yang takut kondisi gelap, anda bisa menyalakan lampu kecil sebagai solusinya.

4.Mengurangi Kafein
Seperti yang sudah dijelaskan diatas salah satu penyabab insomnia adalah kandungan kafein didalam tubuh yang berlebihan. oleh sebab itu cara terbaik anda bisa mengurangi jumlah kafein yang masuk kedalam tubuh anda.

Baca Juga Inilah Pola Makan Yang Akan Membuat Kita Lebih Sehat

5.Hindari Minuman yang Mengandung Alkohol
Bagi anda yang mengkonsumsi Alkohol dan sekarang anda sedang mengalami insomnia alangkah baiknya jika anda menghindari minuman yang mengandung alkohol.

Selain tidak baik buat kesehatan, alkohol juga bisa merusak pola tidur sehingga menimbulkan insomnia.

6. Olah Raga
Olah raga menjadi salah satu solusi untuk mengatasi insomnia, selain biasa membuat anda sehat olah raga juga mampu menghilangkan stres akibat dari tekanan hidup dan pekerjaan yang anda alami. karena stres menjadi salah satu sebab insomnia.

7. Harus Buat Jadwal Tidur
Bagi yang sampai sekarang belum juga menemukan cara yang berhasil untuk mengatasi insomnia, ada baiknya anda mencoba dengan cara membuat jadwal tidur anda.

pertama pertahankan durasi waktu tidur anda, silahakan catat tidur anda setiap hari dan kasih keterangan waktu terbaik saat tidur dan yang kurang efektif saat tidur.

Dari hasil catatan anda akan memperoleh hasil dimana saat terbaik anda untuk tidur, dan membuat anda terbebas insomnia.

Baca juga Kebiasaan Kecil Yang Sering dilupakan ini Membuat Kita Lebih Sehat

Mungkin cukup sekian yang bisa saya tuliskan, jika ada tambahan atau pendapat kalian silahkan tuliskan dikolom komentar.

Silahkan share artikel ini jika bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Inilah 7 Penyebab Insomnia Dan 7 Tips Cara Mengatasinya - Solusi Jitu Bagi Yang Susah Tidur"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel