Berbagai Manfaat Kayu Manis Yang Perlu Anda Tahu

Kayu manis ialah termasuk rempah rempahan yang popular di dunia dan telah digunakan selama ribuan tahun.

Selain rasanya yang manis, menghangatkan rasa dan kemudahan penggunaan dalam resep, kayu manis juga bermanfaat untuk kesehatan, termasuk sifat antibakteri, antijamur dan anti- diabetes.

Apa itu Kayu Manis Apa manfaat Kayu Manis

Manfaat kesehatan kayu manis berasal dari kulit pohon Cinnamomum verum (atau Cinnamomum zeylanicum). Kulit kayu ini mengandung beberapa senyawa khusus yang bertanggung jawab atas banyak sifat penunjang kesehatannya, termasuk cinnamaldehyde, acid cinnamic dan cinnamate.

Para peneliti telah menyimpulkan bahwa manfaat kesehatan kayu manis dapat diperoleh dalam bentuk kulit kayu murni, minyak atsiri, dalam bentuk bumbu tanah (yang merupakan bubuk kulit kayu) atau dalam bentuk ekstrak ketika senyawa fenolik khusus, flavonoid dan antioksidan telah diisolasi.

Senyawa-senyawa ini menjadikan kayu manis salah satu bumbu yang paling bermanfaat di bumi, menjadikannya antioksidan, anti-inflamasi, anti-diabetes, anti-mikroba, meningkatkan kekebalan dan menurunkan potensi kanker serta kemampuan melindungi penyakit jantung.

Pohon kayu manis tumbuh di seluruh dunia dan sekitar 250 spesies kayu manis telah diidentifikasi sejauh ini.

Namun, ada dua jenis rempah-rempah kayu manis yang digunakan saat ini:

1. Ceylon cinnamon, yang kadang-kadang dilabeli sebagai kayu manis asli atau nyata.
2. kayu manis Cassia, yang lebih banyak tersedia dan umum digunakan.

Kedua jenis kayu manis ini memiliki rasa dan aroma pedas yang terkenal karena kehadiran cinnamaldehyde dan kedua jenis ini juga mengandung banyak manfaat kesehatan, tetapi bubuk kayu manis Ceylon sebenarnya dianggap lebih manjur.

Selain dua jenis kayu manis yang umum ini, beberapa varietas lain yang tersedia meliputi:

Kayu manis sangat bermanfaat, dan sifat antioksidannya yang membuatnya sangat bermanfaat untuk dimasukkan ke dalam makanan Anda.

Setengah sendok teh kayu manis setiap hari dapat memiliki efek positif pada kadar gula darah, pencernaan, kekebalan tubuh, dan banyak lagi.

Namun, jika dikonsumsi dengan rutin juga sangat bermanfaat untuk mengurangi risiko diabetes, kanker, dan penyakit neurodegeneratif.

Kayu manis juga memilki berbagai macam nutrisi penting, kaya serat dan beberapa vitamin dan mineral lainnya.

Selain nutrisi , setiap sajian kayu manis juga mengandung sejumlah kecil vitamin E, niasin, vitamin B6, magnesium, kalium, seng, dan tembaga.

Kayu manis mengandung berbagai antioksidan pelindung yang mengurangi kerusakan akibat radikal bebas dan memperlambat proses penuaan.

Bahkan, para peneliti telah mengidentifikasi setidaknya 41 senyawa pelindung yang ditemukan dalam kayu manis hingga saat ini.

Menurut skala ORAC, yang digunakan untuk mengukur konsentrasi antioksidan dalam makanan yang berbeda, kayu manis peringkat No. 7 dari semua makanan, bumbu dan rempah-rempah.

Dan dalam sebuah penelitian yang membandingkan aktivitas antioksidan dari 26 rempah-rempah, kayu manis dianggap sebagai pemenang dan terbukti lebih tinggi antioksidannya dari pada rempah - rempah lainnya, termasuk bawang putih, thyme, rosemary dan oregano.

Manfaat kesehatan kayu manis dikaitkan dengan kandungan beberapa jenis antioksidan tertentu, termasuk polifenol, asam fenolik, dan flavonoid. 
Senyawa ini berfungsi untuk melawan stres oksidatif dalam tubuh dan membantu dalam pencegahan penyakit kronis.

Berbagai antioksidan yang hadir dalam kayu manis membantu menetralkan radikal bebas berbahaya di dalam tubuh dan mencegah stres oksidatif.
Ini juga dapat membantu membatasi penumpukan oksida nitrat dalam darah dan mencegah peroksidasi lemak, yang keduanya dapat meningkatkan risiko gangguan otak, kanker, penyakit jantung dan kondisi kronis lainnya.

Antioksidan dalam kayu manis dapat membantu meredakan peradangan, yang dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung, kanker, penurunan kognitif, dan banyak lagi.

Para peneliti telah mengidentifikasi berbagai jenis flavonoid dalam kayu manis, yang semuanya sangat efektif dalam mengatasi tingkat peradangan berbahaya di seluruh tubuh.

Karena kayu manis menurunkan pembengkakan dan mencegah peradangan, kayu manis juga dapat bermanfaat dalam meredakan nyeri, dengan penelitian yang menunjukkan bahwa kayu manis membantu mengurangi nyeri otot, mengurangi nyeri haid, mengurangi keparahan reaksi alergi dan membantu meringankan gejala nyeri lainnya yang berkaitan dengan usia.

Studi menunjukkan bahwa salah satu manfaat kesehatan kayu manis adalah mampu untuk meningkatkan kesehatan jantung.

Faktanya, kayu manis telah terbukti mengurangi beberapa faktor risiko paling umum untuk penyakit jantung, termasuk kadar kolesterol tinggi, kadar trigliserida tinggi dan tekanan darah tinggi untuk menjaga jantung Anda tetap sehat dan kuat. 

Kayu manis juga terbukti mengurangi tekanan darah tinggi, yang merupakan faktor risiko lain untuk penyakit jantung atau stroke.
Kayu manis juga meningkatkan sirkulasi dan meningkatkan perbaikan jaringan, yang mungkin sangat membantu untuk regenerasi jaringan jantung untuk membantu melawan serangan jantung, penyakit jantung dan stroke.

Kayu manis terkenal dengan efek anti-diabetesnya, itulah sebabnya kayu manis dianggap sebagai salah satu makanan terbaik untuk penderita diabetes. Ini dapat menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan sensitivitas terhadap hormon insulin, yang membantu mengangkut gula dari aliran darah ke jaringan untuk menjaga kadar gula darah seimbang.

Kayu manis untuk diabetes dapat membantu menghentikan aktivitas beberapa enzim pencernaan untuk memperlambat penyerapan gula dalam aliran darah setelah makan tinggi karbohidrat.

Karena alasan ini, banyak penelitian menunjukkan bahwa orang dengan diabetes tipe 2 dapat mengalami efek positif yang signifikan pada penanda gula darah dengan menambahkan ekstrak kayu manis.

Karena kayu manis kaya akan antioksidan, penelitian menunjukkan bahwa kayu manis dapat meningkatkan fungsi otak dan dapat membantu melawan perkembangan gangguan neurologis seperti penyakit Parkinson dan Alzheimer.

Meskipun penelitian pada manusia masih kurang, penelitian in vitro menunjukkan bahwa kayu manis membantu menghentikan penumpukan protein spesifik di otak untuk mengurangi risiko penyakit Alzheimer.

Ini juga terbukti melindungi neuron terhadap stres oksidatif untuk mengurangi risiko peradangan dan kerusakan sel pada hewan, yang dapat membantu menjaga fungsi otak dan mencegah penurunan kognitif.

Karena kemampuan antioksidannya, kayu manis dapat melindungi dari kerusakan DNA, mutasi sel, dan pertumbuhan tumor kanker. survey telah mengungkapkan bahwa manfaat kesehatan kayu manis berasal dari senyawa yang disebut cinnamaldehyde, yang dapat menghambat pertumbuhan tumor dan melindungi DNA terhadap kerusakan sementara dan juga membunuh sel-sel kanker.

studi menunjukkan bahwa kayu manis dapat meningkatkan kesehatan usus besar, yang dapat mengurangi risiko kanker usus besar.

Kayu manis sekarang sedang diselidiki sebagai makanan penangkal kanker alami karena kemampuan antioksidannya yang kuat dan mungkin merupakan suplemen yang bermanfaat bagi mereka yang berisiko lebih tinggi terkena kanker.

Apa itu Kayu Manis Apa manfaat Kayu Manis


Ada banyak manfaat potensial kayu manis dalam hal mempertahankan tubuh dari penyakit. Kayu manis mengandung sifat antimikroba, antibiotik, antijamur dan antivirus dan minyak atsirinya juga mengandung senyawa penambah kekebalan yang kuat.

Karena alasan ini, kayu manis digunakan dalam banyak budaya untuk membantu mengatasi infeksi dan virus berbahaya secara alami.

Minyak kayu manis juga dapat melindungi terhadap infeksi bakteri, yang dapat menyebabkan kondisi seperti flu biasa, radang tenggorokan dan radang paru-paru.

Penelitian menunjukkan bahwa kayu manis bermanfaat bagi kebersihan mulut dan dapat melindungi dari strain bakteri tertentu yang menyebabkan bau mulut, kerusakan gigi, gigi berlubang, dan infeksi mulut.

Minyak esensial dari kayu manis telah terbukti memiliki sifat antibakteri yang kuat dan dapat digunakan untuk mengatasi bakteri di mulut secara alami, befungsi sebagai obat kumur alami.

Seperti peppermint, salah satu manfaat kesehatan kayu manis adalah dapat digunakan sebagai zat penyedap alami dalam masakan karena rasanya yang menyegarkan.

Karena menghilangkan bakteri mulut, kayu manis memiliki kemampuan untuk melawan bau mulut tanpa menggunakan bahan kimia ke dalam tubuh.

Karena itu, kayu manis juga secara tradisional digunakan sebagai bubuk gigi dan obat alami untuk sakit gigi, masalah gigi, dan sariawan.

Sifat antijamur yang kuat dalam kayu manis efektif dalam mengobati dan mencegah pertumbuhan berlebih Candida di saluran pencernaan.

Kayu manis telah terbukti menurunkan jumlah Candida albicans berbahaya, yang merupakan ragi yang menyebabkan pertumbuhan berlebihan Candida dan dapat menyebabkan sejumlah masalah pencernaan dan autoimun.
Manfaat kesehatan lain dari kayu manis adalah membantu mengontrol kadar gula darah; diet tinggi karbohidrat olahan dapat meningkatkan jumlah gula dalam saluran pencernaan dan dapat meningkatkan risiko Candida.

Potensi manfaat kayu manis untuk kulit berakar pada sifat antibiotik dan antimikroba yang dapat membantu melindungi kulit dari iritasi, ruam, reaksi alergi dan infeksi.

Mengoleskan minyak atsiri kayu manis langsung ke kulit dapat membantu mengurangi peradangan, pembengkakan, nyeri, dan kemerahan.

Salah satu manfaat kayu manis dan madu, bahan antimikroba lainnya, adalah penggunaan keduanya secara bersama-sama dapat meningkatkan kesehatan kulit bahkan lebih dan mungkin bermanfaat untuk jerawat, rosacea, dan alergi kulit. Anda bisa menggunakan madu mentah atau madu Manuka dan kayu manis untuk menghilangkan kulit.

Baca Juga Mengubah Pola Makan Agar Hidup Kita Lebih Sehat

Mereka yang alergi mungkin merasa lega berkat banyaknya senyawa bermanfaat yang dikemas dalam kayu manis. Faktanya, kayu manis dapat membantu melawan gejala alergi umum karena telah terbukti mengurangi peradangan dan melawan reaksi histamin pada hewan.

Karena rasanya yang manis alami, menambahkan kayu manis ke dalam makanan dan resep dapat membantu Anda mengurangi jumlah gula yang biasanya Anda gunakan, secara efektif menurunkan beban glikemik makanan Anda.

Kayu manis sudah memiliki efek anti-diabetes yang memperlambat penyerapan gula dan dapat membantu mengatasi dengan menstabilkan gula darah, dengan menggunakan kayu manis untuk pemanis alami adalah manfaat tambahan lain yang dapat meningkatkan kontrol gula darah.

Kayu manis tidak mengandung gula tambahan dan kalori minimal namun tinggi dalam banyak nutrisi, membuatnya menjadi tambahan yang sangat sehat untuk banyak makanan.

Coba gunakan kayu manis dalam kopi, teh, makanan yang dipanggang, yogurt, pada buah atau oatmeal, dengan menambahkan gula tambahan Ini dapat membantu mengurangi asupan gula dan mengurangi kalori ekstra untuk membantu menurunkan berat badan, melawan Candida, diabetes, dan energi rendah.

Salah satu manfaat bubuk kayu manis yang kurang dikenal adalah dapat digunakan untuk mengawetkan makanan. 

Karena kayu manis memiliki kemampuan antibakteri dan bertindak sebagai antioksidan, kayu manis dapat digunakan sebagai pengawet berbagai makanan tanpa perlu bahan kimia atau bahan buatan.

Sebuah penemuan melaporkan bahwa ketika pektin dari buah dilapisi dengan ekstrak daun kayu manis, ia menghasilkan antioksidan dan antibakteri yang tinggi dan tetap segar lebih lama. 

Kayu manis juga memiliki aktivitas antityrosinase, yang berguna dalam menghentikan perubahan warna buah dan sayuran saat teroksidasi dan mulai membusuk.

Ketika digunakan dalam jumlah sedang, kayu manis umumnya aman dan dapat dikonsumsi dengan risiko minimal efek samping.

Jumlah kayu manis yang tinggi - dan kayu manis cassia khususnya - dapat menyebabkan beberapa efek samping. Gejala Ini disebabkan oleh adanya senyawa yang disebut kumarin, yang telah terbukti merusak hati dalam jumlah besar.

Sementara kayu manis Ceylon hanya mengandung jumlah jejak, kayu manis cassia jauh lebih tinggi dalam kumarin.

Kelebihan konsumsi kumarin yang ditemukan dalam kayu manis cassia juga telah dikaitkan dengan masalah kesehatan lainnya, termasuk peningkatan risiko perkembangan kanker.

Karena sifat anti-diabetesnya, kayu manis juga dapat berpartisipasi pada kadar gula darah rendah, terutama jika Anda sudah minum obat penurun gula darah. Konsumsi kayu manis juga telah dikaitkan dengan masalah pernapasan dan luka pada beberapa orang.

Kayu manis tidak diketahui dapat menyebabkan reaksi negatif atau alergi, terutama bila digunakan dalam jumlah kecil seperti yang biasa terjadi.

Kadang-kadang, ketika mengambil suplemen ekstrak kayu manis atau menggunakan minyak esensial kayu manis, sangat mungkin untuk mengambil terlalu banyak, yang dapat mengganggu obat-obatan lain dan kondisi medis.

Kayu manis dapat menjadi tidak aman jika Anda mengonsumsi terlalu banyak, terutama jika Anda sedang hamil atau menyusui, menderita diabetes, memiliki penyakit hati atau baru menjalani operasi.

Selalu pastikan Anda membaca dosis yang disarankan dari ekstrak kayu manis dan ekstrak herbal lainnya dan jangan mengkonsumsi lebih dari yang disarankan tanpa berbicara dengan dokter terlebih dahulu untuk menghindari komplikasi.

Selain itu, jika Anda menggunakan minyak atsiri kayu manis, Anda mungkin juga ingin menguji sepotong kecil kulit Anda untuk terlebih dahulu memeriksa iritasi dan reaksi alergi sebelum menggunakan jumlah yang lebih besar untuk mencegah efek samping negatif atau reaksi alergi.

Sebagai salah satu rempah tertua di dunia, kayu manis telah lama digunakan untuk khasiat penyembuhan sebagai bahan pokok dalam berbagai bentuk pengobatan tradisional dan medis.

Pada diet Ayurvedic, kayu manis dianggap sebagai bumbu penghangat dan membantu meningkatkan bioavailabilitas dan penyerapan rempah-rempah lain dalam tubuh. Ini digunakan untuk mengelola kadar gula darah dan dianggap membantu dalam detoksifikasi dan pembersihan hati. Ini juga mendorong pencernaan, sirkulasi dan tingkat energi untuk mengoptimalkan kesehatan secara keseluruhan dan membuat Anda merasa lebih baik.

Sementara itu, dalam Pengobatan Tradisional Cina, kayu manis sering diseduh bersama rempah-rempah dan rempah-rempah lain untuk menyeduh minuman obat yang manjur. Ini membantu meningkatkan kesehatan jantung, paru-paru dan kandung kemih dan diyakini dapat meredakan rasa sakit, meringankan pencernaan dan meningkatkan aliran darah.

Ceylon dan cassia cinnamon sebenarnya berasal dari dua pohon yang berbeda tetapi saling berkaitan.
Kayu manis Ceylon berasal dari pohon yang tumbuh di daerah seperti Sri Lanka dan Thailand yang lebih jarang, oleh karena itu kayu manis Ceylon lebih mahal dan lebih sulit ditemukan di toko. Sebaliknya, kayu manis dari varietas cassia (juga disebut Saigon atau kayu manis Cina) berasal dari pohon yang tumbuh di Cina lebih murah dan lebih banyak tersedia.

Sampai saat ini, kayu manis cassia telah dipelajari lebih luas daripada kayu manis Ceylon, tetapi para peneliti berpikir bahwa kayu manis Ceylon sebenarnya memiliki manfaat kesehatan yang lebih banyak daripada kayu manis cassia.

Kayu manis ceylon juga mengandung lebih sedikit senyawa yang disebut kumarin daripada kayu manis cassia, yang berpotensi merusak hati bila dikonsumsi dalam jumlah tinggi.

Untuk alasan ini, kayu manis Ceylon adalah pilihan yang lebih baik untuk memproduksi ekstrak kayu manis yang mengandung dosis kayu manis yang sangat terkonsentrasi.

Sejauh ini, kayu manis Ceylon dikatakan memiliki rasa lebih ringan dan lebih sitrus daripada cassia, yang dianggap lebih dalam dan lebih spicier.

Namun, sebagian besar, keduanya dapat digunakan secara bergantian dalam resep.

Untuk mendapatkan kayu manis cassia anda dapat menemukannya di toko kelontong.

Namun, cari bubuk kayu manis Ceylon organik dan minyak atsiri kayu manis di toko makanan kesehatan atau pasar etnis untuk benar-benar mendapatkan manfaat paling banyak dari kayu manis.

Periksa label untuk menentukan jenis kayu manis yang Anda beli dan perlu diingat bahwa jika itu tidak mencantumkan jenis kayu manis, kemungkinan besar jenis kayu manis cassia, yang lebih murah dan lebih umum digunakan.

Anda juga dapat membeli sendiri batang kayu manis dan memarut sendiri kayu manis menggunakan parutan kecil.

Selain itu, Anda dapat mencoba menggunakan seluruh batang kayu manis (juga disebut sebagai duri kayu manis) untuk menanamkan cairan seperti anggur yang sudah matang dan memberi mereka rasa yang berbeda.

Anda juga bisa memasukkan kayu manis ke dalam air panas untuk memanfaatkan banyak manfaat teh kayu manis.

Untuk menentukan jenis batang kayu manis yang Anda beli, lihat teksturnya; Kayu manis Ceylon umumnya memiliki kulit kayu manis yang lebih tipis dan lebih rapuh daripada kayu manis cassia.

Kayu manis bubuk juga berfungsi baik untuk mempermanis hidangan seperti oatmeal, yogurt, atau makanan yang dipanggang. Ini juga bisa menambah kedalaman dan kehangatan pada hidangan gurih, jadi cobalah di mangkuk sup.

Selain menggunakan kayu manis segar atau bubuk dalam resep favorit Anda, ada banyak kegunaan kayu manis dan suplemen kayu manis lainnya yang tersedia.

Sebagai contoh, pil kayu manis, minyak atsiri kayu manis atau kapsul kayu manis juga tersedia untuk dosis kayu manis yang cepat dan pekat.

Ada banyak cara lezat untuk memeras kayu manis dalam dosis yang banyak ke dalam makanan Anda. 


Berikut adalah beberapa resep kayu manis sederhana:

Kayu manis telah dipanen dari kulit pohon bagian dalam dalam genus Cinnamomum selama ribuan tahun dan kembali ke 4.000 tahun yang lalu ke Mesir Kuno.

Kayu manis dianggap sebagai rempah yang sangat berharga dan langka saat ini dan sering dijual dengan harga yang sangat tinggi dan diberikan kepada bangsawan sebagai hadiah atau tanda pengabdian.

Manfaat kesehatan kayu manis juga dapat diperoleh dalam bentuk ekstrak kayu manis, yang mengandung dosis khusus senyawa yang lebih terkonsentrasi dan dapat memiliki beberapa efek kuat pada kesehatan.

Penggunaan lain untuk kayu manis adalah dalam minyak kayu manis, yang mengandung kayu manis tingkat tinggi dan memiliki banyak kegunaan.

Belum ada Komentar untuk "Berbagai Manfaat Kayu Manis Yang Perlu Anda Tahu"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel