Aktivitas Terbatas Karena Haid,Inilah 8 Solusi Nyeri Saat Haid yang Akan Membantu Anda

Aktivitas Terbatas Karena Haid,Inilah Solusi Nyeri Saat Haid yang Akan Membantu Anda - Nyeri haid atau dalam istilah medis disebut dismenore merupakan rasa sakit yang sudah menjadi langganan wanita setiap kali menstruasi.

Sedikitnya ada 3 dari 4 wanita mengalami dismenore ringan, dan 1 dari 10 mengalami gejala yang parah. Dan kebanyakan dari para penderita terburu-buru menggunakan obat pereda nyeri haid.
Otot dinding rahim pada wanita setiap saatnya akan mengalami kontraksi yang sangat lembut,sehingga kontraksi tersebut hampir tidak dirasakan oleh setiap wanita.

Berbeda halnya ketika menstruasi tiba,pergerakan kontraksi pada rahim akan kencang. Hal tersebut disebabkan oleh adanya proses pengguguran pembuluh dari yang menebal pada dinding rahim, sehingga akan menimbulkan rasa nyeri.

Rasa nyeri saat haid juga dipicu oleh adanya pengeluaran zat kimia prostaglandin pada tubuh yang menyebabkan adanya pergerakan kontraksi pada rahim semakin kuat.

Perlu diketahui, prostaglandin juga dapat menimbulkan gejala lainnya seperti mual,kram perut,diare,lemas,dan sakit kepala.

Hal ini menyebabkan banyaknya wanita yang tersiksa karena haid. Bukan hanya karena nyeri yang dirasanya,terkadang rasa lemas dan mual terjadi pada beberapa wanita haid juga.

Hasil penelitian para dokter membuktikan bahwa prostaglandin yang dihasilkan setiap wanita berbeda. Prostaglandin inilah yang menjadi penentu tingkat kenyerian seorang wanita ketika haid.

Jika prostaglandin yang dihasilkan sedikit, kemungkinan besar rasa nyeri dapat dengan cepat reda. Begitupun sebaliknya,rasa nyeri akan bertambah parah jika prostaglandin yang dihasilkan banyak.

Terdapat banyak solusi yang bisa dilakukan untuk meredakan nyeri saat haid selain obat pereda nyeri.

Jangan dulu terburu-buru mengkonsumsi obat ya guys,karena berikut ini akan dijelaskan mengenai 8 solusi nyeri saat haid yang terbilang sederhana dan bisa dilakukan kapanpun. Mari kita simak.

1. Mengompres Perut
Mengompres perut ini dilakukan pada perut bagian bawah dengan menggunakan handuk yang sudah direndam air hangat atau menggunakan botol berisi air hangat.

Hal ini bisa membuat otot disekitar abdomen lebih relaks,sehingga bisa mengurangi atau bahkan menyembuhkan rasa nyeri saat haid. Solusi nyeri saat haid yang satu ini bisa Anda lakukan secara rutin sampai rasa nyerinya reda.

2. Beraktivitas fisik
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya,bahwa zat kimia prostaglandin yang dikeluarkan ketika haid,selain dapat menyebabkan rasa nyeri,juga akan menyebabkan timbulnya rasa lemas. Hal ini menjadi alasan kebanyakan wanita haid untuk bermalas-malasan di tempat tidur.

Namun,perlu Anda ketahui bahwa dengan berolahraga ringan sebenarnya dapat membantu meredakan nyeri saat haid.

Dengan berolahraga,peredaran darah akan menjadi lebih lancar dan hormon endorfin yang dihasilkan dapat membantu menyeimbangkan kerja hormon prostaglandin.

Hal inilah yang akan membantu mengurangi rasa nyeri saat haid. Aktivitas fisik ringan seperti jogging dan senam aerobik, dapat Anda lakukan untuk meredakan rasa nyeri yang Anda alami ketika haid. 

Baca juga Kebiasaan Yang Akan Membuat Kita Lebih Sehat.

3. Minum Air Hangat
Solusi nyeri saat haid yang satu ini dapat memberikan rasa nyaman untuk yang mengalami nyeri perut karena haid. Tubuh akan mengeluarkan banyak cairan saat haid sehingga hal ini perlu diseimbangkan dengan banyak mengkonsumsi air putih.

4. Konsumsi Asupan Bergizi
Kebanyakan wanita hampir tidak memperhatikan asupan makanan atau minuman yang dikonsumsi saat haid. Hal ini tentu tidak baik untuk kesehatan. Justru mengkonsumsi makanan atau minuman secara sembarangan akan memperparah rasa nyeri perut saat haid.

Solusi nyeri saat haid yang satu ini akan membantu Anda untuk menjaga datangnya penyakit lain yang justru akan menyiksa Anda para penderita nyeri haid.

Konsumsilah makanan yang rendah lemak,tidak mengandung MSG dan bahan pengawet lainnya. Makanan yang dipercaya berkhasiat untuk meredakan nyeri saat haid diantaranya nanas,brokoli,pisang,bayam,dark chocolate,ayam tanpa lemak,dan ikan salmon.

Hindari mengkonsumsi minuman bersoda,mengandung alkohol dan kopi. Minuman yang diperbolehkan dikonsumsi ketika haid diantaranya yogurt,susu,minuman jahe,lemon hangat serta minuman teh herbal.

Ingat! Asupan makanan dan minuman bergizi bermanfaat untuk siapapun,tidak hanya untuk penderita nyeri haid saja. Jadi asupan makanan dan minuman bergizi sangat berpengaruh besar untuk kesehatan tubuh.

5. Minum Teh
Sebuah penelitian membuktikan beberapa teh tertentu dapat membantu meredakan nyeri,termasuk nyeri saat haid. Penelitian tersebut menyebabkan minum teh menjadi salah satu solusi nyeri saat haid yang terbaik.

Penelitian tersebut menunjukan terdapat 14 peneliti memiliki kenaikan level hippurate yang signifikan. Hippurate merupakan senyawa pada tubuh yang berperan sebagai anti inflamasi alami. Anti inflamasi inilah yang akan membantu mengurangi produksi prostaglandin serta mengurangi nyeri haid.

6. Minum Jamu Kunyit Asam
Solusi nyeri saat haid yang selanjutnya yaitu mengkonsumsi minuman tradisional zaman dahulu,jamu kunyit asam. Terutama di kaum ibu,jamu kunyit asam dipercaya sebagai obat herbal yang memiliki khasiat untuk kesehatan.

Agar tetap terjaga khasiatnya,Anda bisa membuat sendiri ramuan ini di rumah.

Caranya mudah saja,siapkan 15-30 gram daun dewa,20 gram kunyit,dan 600 cc air,lalu rebus secara bersamaan. Tunggu sampai air rebusan tersisa setengahnya. Jangan lupa matikan kompornya ya guys,hehe.. Selanjutnya saring air rebusan kunyit asamnya.

Jamu kunyit asam siap untuk diminum. Minumlah jamu dalam kondisi hangat. Konsumsi secara teratur,minimal 2 kali sehari.

7. Asupan Vitamin D yang Cukup
Sebuah penelitian menunjukan adanya pengaruh dari vitamin D terhadap rasa sakit saat menstruasi. Penelitian tersebut membagi 40 wanita ke dalam 2 grup.

Grup yang pertama mengkonsumsi suplemen vitamin D3 dengan dosis 300.000 IU dan grup kedua mendapat perlakuan plasebo.

Konsumsi suplemen tersebut dilakukan 5 hari sebelum jadwal peserta memulai periode menstruasi mereka. Setelah 2 bulan, terdapat penurunan rasa nyeri ketika haid hingga 41% pada grup yang mengkonsumsi asupan suplemen vitamin D3.

Namun di grup kedua yang mendapatkan perlakuan plasebo tidak ada perbedaan terkait nyeri haid.

Salah seorang dokter menyebutkan, vitamin D3 dapat membantu menghambat kerja hormon prostaglandin sehingga mengurangi rasa nyeri saat haid.

Namun,vitamin D3 sebagai solusi nyeri saat haid masih menjadi perdebatan. Meskipun demikian, jika Anda memenuhi asupan suplemen vitamin D,bukan tidak mungkin rasa nyeri saat haid dapat teratasi.

8. Menjaga Pola Makan
Solusi nyeri saat haid yang terakhir yaitu menjaga pola makan agar teratur. Sebagian besar wanita haid mengalami penurunan nafsu makan,namun bukan tak sedikit juga yang nafsu makannya menjadi tinggi ketika haid.

Aturlah pola makan dengan sebaik mungkin. Usahakan mengkonsumsi sedikit makanan namun dengan frekuensi yang relatif rutin. Ini akan membantu mengurangi rasa nyeri saat haid dan mencegah terserangnya penyakit lain.

Baca juga Pola Makan Yang Akan Membuat Hidup Lebih Sehat

Itulah penjelasan mengenai solusi nyeri saat haid. Jika Anda mengalami nyeri yang sangat hebat saat haid dan tak kunjung reda,segeralah periksakan ke dokter agar mengetahui bagaimana sebenarnya kondisi rahimnya. Dengan demikian,Anda dapat mengetahui penanganan atau solusinya harus bagaimana. Sekian yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Aktivitas Terbatas Karena Haid,Inilah 8 Solusi Nyeri Saat Haid yang Akan Membantu Anda"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel