Belum Banyak Yang Tahu, Bahaya Gadget Terhadap Kesehatan Mata

Dijaman sekarang ini,gadget sangat berperan dalam kehidupan kita untuk membantu berbagai aktivitas,sehingga mau tidak mau kita selalu terhubung dengan smartphone setiap hari, karena dengan smartphone kita bisa mengerjakan tugas, menyelesaikan urusan pekerjaan seperti kirim email menyimpan data-data dan masing banyak lagi.

Tetapi kebanyakan kaum milinial menggunakan smartphone untuk keperluan bermain game dan bersosial media, bahkan menggunakan smartphone hingga berjam-jam.

Tahukah kalian efek dari menatap layar ponsel terlalu lama?

Berikut ulasannya :

1. Iritasi Ringan Pada Mata
bahaya cahaya gadget
Pengaruh cahaya ponsel bagi mata bisa di sebabkan karena terlalu lama atau sering menatap ponsel, kita akan lebih jarang untuk berkedip sehingga akan berimplasi pada tegangan mata yang menimbulkan iritasi terhadap mata.

Solusi sederhana agar mata tidak tegang atau iritasi adalah saat anda bermain dengan gadget anda luangkanlah waktu 20 menit sekali untuk mengalihkan pandangan dari gadget dan melihat ke titik fokus yang lain yang lebih jauh selama 20 detik.

Hal ini bertujuan agar otot-otot mata yang tegang bisa menjadi lemas kembali.

2. Merubah Siklus Alami Tubuh
Tahukah anda kalau tubuh kita mempunyai siklus alami agar kita tetap terjaga di siang hari dan malam hari untuk istirahat dengan tertidur.
Umumnya dijaman milenial saat ini, kebanyakan orang menggunakan smartphone nya tidak hanya siang hari bahkan malam haripun mereka masih menggunakannya untuk bersosial media dan bermain game.

Kebiasaan bermain smartphone saat malam hari, pelan-pelan akan membuat tubuh kita bingung untuk membedakan mana waktu untuk terbangun atau terlelap (istirahat).
Sehingga kebiasaan tersebut bisa membuat hormon melatolin akan berhenti diproduksi otak,dimana hormon tersebut yang memberikan rasa ngantuk yang membuat kita bisa tertidur.

3. Susah Tidur atau Insomnia
Seperti yang sudah di singgung pada point no 2, terlalu sering bermain gadget akan mempengaruhi otak dalam memproduksi hormon melatolin.

Jika kebiasaan buruk ini terlalu sering terjadi akan berakibat anda susah untuk tertidur di malam hari.


4. Membuat Mata Bekerja Lebih Keras
Bahaya cahaya ponsel
Kebiasaan meliat gadget terlalu dekat membuat mata kita melotot dan bekerja lebih keras apalagi kalau cahaya pada layar gadget di setting terlalu cerah.

Agar mata kita tidak terlalu bekerja lebih keras, aturlah tingkat cahaya gadget anda seperlunya dan jaga jarak mata dengan gadget kira-kira 20-40 cm agar mata kita saat melihat gadget akan merasa nyaman.
Yang perlu diperhatikan juga selain jarak antara mata dan gadget adalah ketinggian antara mata dan gadget paling tidak adalah 10-20 cm lebih tinggi mata dari pada gadget.

Itu lah efek cahaya gadget untuk mata kita, bijaklah dalam menggunakan gadget anda dan perhatikan juga kesehatan anggota tubuh anda.

Terimakasih & jika artikel ini bermanfaat silahkan di share.

Belum ada Komentar untuk "Belum Banyak Yang Tahu, Bahaya Gadget Terhadap Kesehatan Mata"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel