10+ Manfaat Kubis Bagi Kesehatan Anda

Di luar dugaan ternyata kubis mempunyai manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh dan hal ini jarang diketahui oleh sebagian orang.

Mungkin kubis sudah tidak asing lagi bagi kita semua, sayuran yang satu ini banyak kita jumpai untuk olahan makanan seperti lalapan, bakwan dan masih banyak lagi.
Manfaat kubis atau Kol
Selain enak dikonsumsi, ternyata kubis juga dapat memberikan manfaat untuk kesehatan dan berguna untuk mengatasi berbagai penyakit berkat kandungan vitamin dan mineral yang terdapat pada kubis seperti kandungan vitamin A,B,C,K, magnesium, potasium, beta karoten, kalsium, fenol, asam folat dan zat besi.

Berikut manfaat kubis yang kita jika kita mengkonsumsinya, diantaranya adalah:

1. Dapat Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Semua Orang mengetahui kalau Vitamin C banyak terdapat pada buah jeruk, tapi siapa sangka ternyata kandungan vitamin C pada sayuran kubis lebih banyak dari pada jeruk.

Dengan kandungan vitamin C yang terdapat pada kubis, mengonsumsi sayuran kubis dapat membantu dalam meningkatkan kekebalan tubuh yang membuat tubuh kita lebih terlindung dari serangan infeksi, virus dan bakteri yang ada di sekitar kita

2. Bermanfaat bagi organ pencernaan
Kubis yang memilki kandungan serat yang cukup tinggi menjadikan kubis sebagai sayuran yang bermanfaat baik untuk kesehatan organ pencernaan.

Karena serat bisa membantu usus untuk menyerap makanan sehingga kerja usus tidak terlalu berat dan dapat juga membantu kita saat buang air besar (BAB) karena feses menjadi lembut, sehingga kita dapat terhindar dari gangguan pencernaan seperti diare, sembelit, dan risiko wasir.

3. Membantu Mencegah Kanker
Kandungan antioksidan yang tinggi yang terdapat didalam kubis dapat membantu mencegah berkembangnya radikal bebas yang berada d dalam tubuh yang dapat menyebabkan berbagai penyakit yang berbahaya seperti kanker.

4. Memberikan Nutrisi Untuk Mata
Kubis juga sangat baik dikonsumsi sebagai asupan nutrisi bagi kesehatan mata, dengan kandungan betakaroten yang dimilikinya yang memberikan manfaat untuk mempertajam penglihatan mata dan membantu menjaga daya penglihatan pada orang yang sudah berusia tua dan dapat mencegah timbulnya katarak.

5. Membantu menurunkan berat badan
Selain kaya akan serat kubis adalah sayuran yang rendah kalori dan mengandung mineral dan vitamin yang bermanfaat bagi tubuh sehingga sayuran ini cocok bagi anda yang saat ini sedang melakukan dan menjalani program diet.

Dan kubis dapat dimasukkan dalam menu harian Anda.

Baca juga Jurus Jitu Menurunkan Berat Badan

6. Memberikan Nutrisi Untuk Otak
Antosianin dan vitamin K yang terdapat pada kubis sangat baik untuk otak, karena keduanya bermanfaat untuk meningkatkan konsentrasi otak.

Selain memberikan nutrisi pada otak, Vitamin K juga baik untuk membantu mencegah penyakit yang dapat menurunkan fungsi otak seperti alzheimer dan demensia.

7. Bermanfaat Bagi Kesehatan Tulang
Kubis mengandung berbagai mineral penting bagi tubuh seperti magnesium, potasium dan kalsium yang dapat membarikan bermanfaat bagi kesehatan tulang sehingga kita dapat terhindar dari berbagai penyakit seperti osteoporosis.

8. Detoksifiksi
Dengan mengkonsumsi kubis, dapat membantu tubuh kita dalam melakukan detoksifikasi atau membuang racun yang berada dalam tubuh.

Karena Vitamin S dan Sulfur yang terdapat pada kubis dapat membantu tubuh membuang racun dalam tubuh sehingga tubuh kita bersih dari zat yang beracun dan kita akan lebih sehat.

9. Dapat Membantu Pembentukan Sel Darah Merah
Sel darah merah berfungsi untuk membawa oksigen dan menyebarkannya keseluruh bagian tubuh, Sel daranh merah ini sangat di perlukan tubuh dalam jumlah yang cukup agar fungsinya dalam menyebarkan oksigen dapat berjalan lancar.

Dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi seperti sayuran kubis, sehingga dapat memperlancar dalam pembentukan sel darah merah.

Mengkonsumsi kubis sangat cocok apabila dengan jus jeruk. karena manfaat yang terdapat pada jeruk dapat mengoptimalkan penyerapan zat besi yang ada pada kubis.

10. Dapat Mencegah Penuaan Dini
Antioksidan yang terdapat pada kubis selain bermanfaat untuk mencegah perkembangan radikal bebas yang memnyebabkan penyakit berbahaya seperti Kanker ternyata juga dapat membatu mengatasi penuaan dini.

Hal tersebutlah yang membuat kubis menjadi sayuran yang digemari oleh para wanita karena dapat menbantu mencegah penuaan dini.

11. Membantu Merawat Kesehatan Kulit
Vitamin C tidak hanya terdapat pada buah buahan seperti pada jeruk, apel atau anggur, kubis juga juga mengandung Vitamin C sehingga akan membuat sistem imun yang lebih kuat.

Vitamin C juga sangat bermanfaat untuk merawat kesehatan kulit sama juga seperti yang terdapat pada minyak zaitun dan minyak almond.

Itulah beberapa manfaat Kubis yang perlu anda ketahui.

Jika artikel ini bermanfaat silahkan di share..

Belum ada Komentar untuk "10+ Manfaat Kubis Bagi Kesehatan Anda"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel