Hati - hati 7 Manfaat Pare Ini Bisa Membuat Anda Menjadi Fans Setia Pare

Di dunia ini ada ribuan buah dan sayur yang sangat bermanfaat. Buah dan sayur yang tersedia memiliki berbagai rasa mulai dari hambar, manis, asam , hingga pahit. Setiap orang memiliki buah dan sayur yang menjadi favorit sesuai dengan rasa-rasa tertentu.
manfaat Pare
Salah satu buah yang memiliki rasa khas dan penggemar setia dari kalangan tertentu adalah buah pare. Buah yang sering dijadikan bahan sayuran ini merupakan keluarga labu-labuan yang banyak di temukan di daerah asia.

Pare yang memiliki bahasa latin Momordica charantia ini sering dijadikan bahan pelengkap makanan seperti siomay dan sayuran bening. Buah yang satu ini memiliki rasa yang khas yaitu rasa pahit yang membuat banyak orang kurang menyukainya.

Namun bagi penggemar setianya, buah ini memiliki sensasi gurih yang berbeda sehingga rasa pahit yang ada tidak begitu terasa. Meskipun rasanya pahit, namun buah ini memiliki banyak khasiat yang bisa membantu meningkatkan kesehatan seseorang.

Buah pare mengandung banyak vitamin, diantaranya vitamin A. C, E, B1, B2, B3, B9. Selain itu buah ini juga mengandung mineral seperti kalium, kalsium, zinc, magnesium, fosfor, dan zat besi, serta mengandung antioksidan seperti fenol, dan flavonoid.
Nutrisi yang dikandung buah pare memberikan banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh.

Berikut beberapa manfaat pare yang bisa dipelajari untuk meningkatkan kesehatan.

1. Mengendalikan Gula Darah
Buah pare dapat membantu mencegah penumpukan glukosa pada tubuh. Buah pare membantu membawa glukosa ke dalam sel untuk memberikan energi dan bersifat seperti insulin.

Karena sifatnya yang mirip seperti insulin ini lah yang membuat pare memiliki khasiat menurunkan gula darah.

Pare akan membawa glukosa dari dalam darah dan memindahkannya ke hati, otot, dan jaringan lemak. Melalui beberapa penelitian, pare terbukti dapat mengelola gula darah.

Namun meskipun manfaat pare yang satu ini sudah terbukti, pare tidak dapat di klasifikasikan sebagai obat untuk para penderita diabetes.

2. Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Setiap buah dan sayur memiliki nutrisi yang penting untuk tubuh, salah satunya anti oksidan. Anti oksidan ini berperan untuk membentuk pertahanan terhadap benda asing dalam tubuh. Anti oksidan ini pulalah yang menjadi salah satu manfaat pare.

Buah Pare mengandung antioksidan yang cukup banyak, salah satunya vitamin C. Vitamin C inilah yang berperan sebagai antioksidan yang akan menyerang radikal bebas dan menghilangkan senyawa berbahaya yang dapat menyebabkan penyakit.

Vitamin C pada pare ini akan membantu memperkuat kekebalan tubuh sehingga tubuh tidak akan mudah sakit.

3. Meredakan Asma
Manfaat pare selanjutnya adalah meredakan asma. Asma dikenal sebagai salah satu penyakit yang cukup sulit diobati.

Hal ini dikarenakan penyakit asma merupakan penyakit saluran pernafasan yang biasanya di dapatkan dari turunan gen sehingga penyakit ini cenderung sulit untuk dihilangkan.

Namun meskipun penyakit ini sulit diobati secara permanen, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi gejala penyakit ini salah satunya dengan mengkonsumsi pare.

Pare merupakan salah satu bahan makanan yang sangat cocok digunakan sebagai terapi pengobatan bagi para penderita asma. Hal ini dikarenakan pare memiliki sifat antiinflamasi, antivirus dan antihistamin yang sangat cocok untuk mengobati penyakit yang berhubungan dengan saluran pernafasan.

4. Menjaga Kesehatan Mata
Selain khasiat-khasiat diatas, pare masih memiliki khasit lainnya. Salah satu manfaat pare adalah membantu menjaga dan meningkatkan penglihatan. Manfaat ini juga lebih terasa pada malam hari. Manfaat lainnya adalah pare dapat memperlambat degenerasi makula.

Kandungan flavonoid seperti a-karoten, b-karoten, lutein, dan zeaxanthin mampu membantu meningkatkan kesehatan pada mata.

Senyawa-senyawa tersebut juga dapat melawan efek penuaan serta menghilangkan radikal bebas. Selain itu senyawa tersebut juga bisa menghilangkan spesies oksigen aktif yang sering menyebabkan komplikasi.

Dengan adanya senyawa-senyawa tersebut, pare menjadi salah satu bahan makanan yang dapat diandalkan untuk menjaga kesehatan.

Baca juga Bahaya Cahaya Gadget Untuk Kesehatan Mata

5. Mengobati Masalah Kulit
Khasiat lain yang dimiliki pare berhubungan dengan kulit. Pare mengandung senyawa anti fungi dan anti bakteri. Senyawa tersebut dapat membantu proses pengobatan pada kulit. Senyawa pada pare tesebut akan berperan melawan banyak infeksi kulit seperti kurap, kudis, dan lain-lain.

Manfaat pare ini banyak digunakan sebagai salah satu alternatif pengobatan tradisional yang dapat membantu menyelesaikan masalah kulit.

Pare berperan untuk menghentikan aktivitas cyclase yang dapat memperburuk permasalahan yang terjadi pada kulit.

6. Membantu Pengobatan HIV
Hingga saat ini, belum ada obat yang bisa mengobati penyakit HIV secara permanen. Kebanyakan pasien penderita HIV hanya bisa berobat namun belum bisa mendapatkan kepastian mengenai kesembuhan penyakit tersebut.

Penyakit yang sudah merenggut ribuan nyawa ini menjadi salah satu penyakit yang cukup mematikan di dunia.

Namun ternyata sebuah penelitian menyatakan telah menemukan salah satu bahan makanan yang dapat membatu proses pengobatan HIV. Bahan makanan tersebut adalah pare.

Meskipun pare juga belum bisa diklaim sebagai obat untuk menyembuhkan penyakit ini, namun manfaat pare pada penyakit HIV ini bisa membantu proses pengobatannya semakin lancar.

Hal ini dikarenakan pare memiliki komposisi fitokomia menghambat aktivitas virus human immunodeficiency.

Meskipun penyakit ini cukup sulit diobati, namun penderita HIV masih memiliki harapan untuk sembuh berkat bahan makanan yang satu ini.

7. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan
Manfaat pare selanjutnya adalan meningkatkan kesehatan pencernaan. Pencernaan menjadi salah satu kunci utama kesehatan tubuh seseorang. 

Melalui pencernaan bisa muncul berbagai penyakit yang menyebar ke organ tubuh lainnya. Melalui pencernaan pula, seseorang bisa mendapatkan tubuh yang sehat dan indah. Pengaruh yang terjadi pada tubuh seseorang bisa bergantung pada bagaimana cara seseorang mengatur pencernaannya.

Salah satu cara perawatan pencernaan yang baik adalah dengan mengkonsumsi bahan makanan yang mengandung banyak serat. Salah satu bahan makanan yang mengandung banyak serat adalah pare. 

Buah yang satu ini mengandung kalori yang sedikit namun pare memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga pare bisa membantu memperlancar pencernaan dan membantu gerak peristaltik makanan pada saluran pencernaan.

Manfaat pare yang berhubungan dengan pencernaan lainnya adalah membantu menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan pare mengandung charantin yang tinggi untuk membantu meningkatkan penyerapan glukosa yang akan mengurangi penyimpanan sel-sel lemak dalam tubuh sehingga berar badan berlebih bisa ikut berkurang.

Baca juga 6 Jurus Jitu Diet yang Mudah Dilakukan

Itulah beberapa manfaat pare yang bisa dinikmati oleh para penggemar buah pare. Selain manfaat-manfaat di atas masih ada banyak khasiat yang bisa di dapatkan dari buah pare, salah satunya adalah meningkatkan kesehatan tulang dan membantu proses penyembuhan luka.

Meskipun rasa pare tidak selezat buah lainnya, namun buah dengan segudang manfaat ini bisa membantu menjaga kesehatan. Maka dari itu, jangan sampai Anda terlewat mengkonsumsi makanan sehat yang satu ini karena dengan sehat maka hidup kita akan lebih berarti.

Belum ada Komentar untuk "Hati - hati 7 Manfaat Pare Ini Bisa Membuat Anda Menjadi Fans Setia Pare"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel