Perhatikan 8 Hal Ini Sebelum Anda Memutuskan Untuk Memakai Kontak Lensa

Kali ini kita akan membahas 8 hal yang perlu anda perhatikan pada saat menggunakan kontak lens atau lensa mata.
Kebanyakan orang menggunakan atau memilih kontak lens itu karena ada masalah dengan penglihatan nya seperti rabun jauh,rabun dekat,atau silinder dan ada juga orang yang menggunakan lensa kontak untuk fashion.
Tips sebelum menggunakan kontak lensa
Namun,ada juga beberapa orang yang beranggapan dan bertanya, apakah menggunakan kontak lens itu berbahaya ? sebenarnya menggunakan kontak lens aman-aman saja,asalkan anda mengikuti aturan, cara pakai kontak lens dan perawatan yang benar.

Untuk mengetahui cara pakai dan perawatan kontak lens yang benar, mari kita simak beberapa hal yang harus anda perhatikan saat menggunakan kontak lens dibawah ini :

1. Konsultasi ke Dokter Mata
Sebelum menggunakan kontak lens, alangkah baiknya anda melakukan konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter mata, untuk mengetahui bagaimana kondisi mata anda, agar dapat memilih kontak lensa yang cocok untuk mata anda dengan tepat.

2. Jaga Kebersihan
Inilah yang sering dilupakan oleh para pengguna kontak lens yaitu mencuci dan membersihkan tangan terlebih dahulu sebelum membuka atau memakai kontak lens.

Karena tangan yang kotor bisa menjadi sumber penyakit seperti kuman, bakteri, virus yang bisa mengakibatkan mata anda terinfeksi.

3. Lepaskan kontak Lens sebelum Tidur
Banyak orang yang mengabaikan hal ini, padahal memakai kontak lens saat tidur dapat beresiko menimbulkan iritasi dan infeksi pada mata.

Kenapa kontak lens harus dilepas saat tidur ?

Karena pada saat anda memasang kontak lens dimata anda, kontak lens merupakan benda Asing yang memerlukan kelembaban, kontak lens akan menarik cairan dari mata anda agar tetap lembab, pada saat itu terjadi, Bakteri akan terperangkap (diantara mata dan kontak lens) dan Oksigen akan berkurang.
Akibat terparah dari penggunaan kontak lens yang terlalu lama apalagi dibawa pada saar tidur dapat mengakibatkan kebutaan.

Jika anda mengalami susah tidur/insomnia silahkan baca 7 Cara Mengatasi Insomnia

4. Bersihkan Kontak Lens Setelah Digunakan
Membersihkan kontak lens adalah hal yang perlu di perhatikan juga, anda dapat melakukannya dengan cara :
Gosok perlahan saat anda membersihkan kontak lens dengan cairan pembersih. Hati hati saat membersikan nya, agar kontak lens tidak robek.

Bersihkan kontak lens menggunakan cairan pembersih khusus dan simpanlah pada tempat kontak lens yang juga sudah dibersihkan.

5. Bersihkan Secara Teratur Wadah atau Tempat Kontak Lens
Selain memperhatikan kebersihan kontak lens,kebersihan wadah atau tempat kontak lens juga harus diperhatikan dan dibersihkan secara teratur, karena jika dibiarkan atau tidak dibersihkan,wadah tersebut akan menjadi sarang kuman.

Bersihkan wadah dan kontak lens menggunakan cairan khusus yang disarankan dokter atau apotek untuk membersihkan dan merendam kontak lens Anda.
Jangan gunakan air atau cairan lainnya, karena dapat menyebabkan mata mengalami infeksi.

6. Jangan Bertukar Kontact Lens Dengan Orang Lain.
Selain berbeda kebutuhan, bertukar kontak lens dengan orang lain dapat beresiko tertularnya penyakit mata yang mungkin disebabkan oleh virus yang terbawa oleh kontak lens tersebut.


7. Ganti Kontak Lens Anda Secara Teratur
Sebelum anda membeli atau memakai kontak lens, anda harus mengetahui bagaimana cara pemakaiannya, cara perawatannya, dan cara penggunaan kontak lens tersebut.

Yang harus diperhatikan lagi adalah berapa lama diganti, jangan asal anda pakai begitu saja.

Nah,Untuk menggantinya anda harus mengikuti sesuai dengan anjuran dokter mata atau sesuaikan dengan produk contact lens yang anda beli (dibaca di kemasannya).

8. Jangan Mengucek Mata Saat Menggunakan Kontak Lens
Sebenarnya, walaupun anda tidak menggunakan kontak lens, anda juga tidak disarankan untuk mengucek mata, apalagi saat menggunakan kontak lens.
Karena mengucek mata dapat mengakibatkan iritasi yang disebabkan adanya gesekan pada sekitar mata.

Jika mata anda mengalami iritasi, tidak disarankan untuk menggunakan kontak lens, lebih baik anda menggunakan kacamata.

Jika Anda tidak telaten dalam menggunakan kontak lens atau sering lupa, lebih baik anda menggunakan kacamata saja, untuk menghindari hal hal buruk yang bisa saja terjadi pada mata.

Namun,jika anda mengalami mata minus yang sudah parah, lebih disarankan menggunakan kontak lens ya.

Tapi dengan catatan, anda harus memperhatikan hal hal yang harus dilakukan pada saat menggunakan kontak lens di atas.



Itu dia penjelasan tentang kontak lens, penjelasan ini bukan untuk mendiagnosa ya, tujuannya hanya untuk memberikan edukasi saja..

Jangan lupa berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter mata, sebelum anda memutuskan untuk menggunakan kontak lens.

Semoga informasi ini bermanfaat dan jika kalian suka silahkan di share. Terimakasih.

Belum ada Komentar untuk "Perhatikan 8 Hal Ini Sebelum Anda Memutuskan Untuk Memakai Kontak Lensa"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel