Sering Menahan Kencing? Simak 3 Dampak Negatifnya Berikut Ini

Bahaya menahan kencing terlalu lama - Sebelum masuk ke penjelasan apa bahayanya jika kita menahan kencing terlalu lama, terlebih dahulu kita akan membahas Bagaimana proses air seni dibentuk.
Akibat menahan kencing
Proses air seni ini dibentuk melibatkan beberapa organ seperti ginjal, ureter, kantung kemih, kemudian uretra.

Mari kita bahas satu persatu.

1. Ginjal
Jumlah ginjal pada tubuh manusia ada dua buah yang terletak di kiri dan di kanan, ginjal bentuknya seperti kacang merah.

Dalam ginjal terdapat kurang lebih 1 juta nefron yang berfungsi untuk menyaring dan membuat limbah,kemudian akan dikeluarkan oleh tubuh kita.

2. Ureter
Setelah melalui ginjal, limbah ini akan disalurkan melalui ureter.
Ureter berbentuk seperti Selang yang menghubungkan kedua ginjal dari sisi kiri dan kanan menuju kandung kemih.

Ureter hanya berfungsi sebagai saluran yang berbentuk selang. Panjang nya ureter pada orang dewasa kurang lebih sekitar 25-30cm.

3. Kandung kemih
Setelah melewati ureter maka akan ditampung oleh kandung kemih yang berbentuk seperti balon dan sifatnya sangat elastis.

Pada saat kandung kemih kosong dia akan mengempes dan pada saat terisi penuh,kandung kemih akan mengembang seperti balon.

Dan setelah penuh, kandung kemih ini akan merespon saraf yang akan menghubungkan dengan otak dan memberikan sinyal ke otak kemudian anda akan merasakan ingin buang air kecil atau kencing.

4. Uretra
Seletah melewati kandung kemih, kemudian akan disalurkan lagi ke uretra, bentuk uretra seperti ureter.

Pada wanita ukurannya lebih pendek yaitu kurang lebih sekitar 5 cm sedangkan pada pria itu lebih panjang kurang lebih sekitar 20 cm.

Urine yang merupakan sisa metabolisme dari tubuh kita dalam bentuk cairan ini akan dibuang melalui organ-organ tersebut (sistem perkemihan).

Kapasitas kandung kemih pada orang dewasa bisa menampung hingga 1 liter bahkan bisa lebih tapi lama kelamaan jika kapasitas ini terlalu penuh akan mengalami kelemahan otot pada kandung kemih atau vesika urinaria.

Akibat menahan kencing?
Nah inilah yang akan terjadi jika urine tidak segera dibuang atau terlalu lama ditampung di dalam kandung kemih kita:

1. Jika terlalu lama kita menahan kencing akan menyebabkan infeksi saluran kemih.
Membuang air seni bertujuan untuk membuang racun dari dalam tubuh dan jika kita membiarkannya terlalu lama, sama saja kita membiarkan bakteri berkembang yang akhirnya muncullah penyakit infeksi saluran kandung kemih.

2. Kerusakan pada organ dalam tubuh
Organ yang berperan pada proses pembentukan urine (ginjal) jika kandung kemih penuh,maka ginjal pun akan terbebani yang dapat mengakibatkan gagal ginjal.

Didalam air seni terkandung zat-zat yang sudah tidak dibutuhkan lagi oleh tubuh kita.

Jika anda terlalu lama menahan kencing atau terlalu sering menahan kencing, zat zat ini akan menumpuk dan lama-lama akan mengendap dan membentuk batu yang dapat mengakibatkan penyakit yang dinamakan batu ginjal.

3. Dapat menyebabkan darah tinggi
Organ yang terlibat adalah ginjal, di dalam ginjal ini ada namanya sistem-sistem RAA atau Renin Angiotensin Aldosterone, system ini membantu untuk mengontrol tekanan darah pada tubuh.

Apabila ginjal kita terbebani maka sistem ini tidak akan bekerja dengan baik, akhirnya kita mudah mengalami tekanan darah tinggi.

Baca juga 12+ Manfaat Buah Menggkudu

Itulah akibat sering menahan kencing terlalu lama, semoga penjelasan singkat ini dapat anda mengerti, intinya jika anda ingin kencing segeralah untuk kencing jangan sering menahan kencing terlalu lama karena dapat mengakibatkan kerusakan sistem dalam tubuh.

Semoga artikel ini bermanfaat ya
Terimakasih.

Belum ada Komentar untuk "Sering Menahan Kencing? Simak 3 Dampak Negatifnya Berikut Ini"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel