Bumbu Dapur! Inilah 3 Manfaat Utama Bawang Putih Yang Tidak Banyak Diketahui

Ketika memasak makanan pasti tidak akan lupa dengan bumbu dapur yang satu ini yaitu Bawang Putih yang berguna untuk meningkatkan cita rasa masakan, baik itu tumis, ikan rebus atau sup ayam rebus. 

Bawang putih adalah bahan masakan yang bergizi dan lezat yang mudah ditemukan dan tersebar luas dari timur sampai barat. Bawang putih tidak hanya lezat, tetapi bermanfaat bagi tubuh, Anda juga harus tahu manfaat dan pentingnya bawang putih bagi kesehatan!
Manfaat bawang putih untuk kesehatan
Selain vitamin dan mineral, bawang putih mengandung nutrisi penting seperti fructooligosaccharides, allicin dan senyawa sulfur, yang merupakan sumber berbagai manfaat kesehatan.

Apa manfaat makan bawang putih? Inilah tiga manfaat utamanya:

1. Mengatur Kekebalan
Ahli nutrisi genetik, mengatakan bahwa setelah bawang putih dihancurkan atau dipotong untuk bahan masakan, senyawa belerang di dalamnya akan bersatu dengan udara, yang akan melepaskan allicin, yang memiliki efek bakterisida dan dapat membantu melawan ancaman dari bakteri.

Senyawa yang mengandung belerang memiliki efek mengatur imunitas, yang dapat memperkuat daya tahan tubuh, terutama di musim dingin dan pergantian musim atau transisi musiman untuk membantu dalam mencegah masuk angin.

2. Melindungi Kardiovaskular (jantung dan pembulu darah)
Bawang putih memiliki rasa pedas, tidak hanya untuk membuat rasa lebih berlapis, Ahli gizi juga menunjukkan bahwa bahan ini juga dapat meningkatkan sirkulasi darah, menghambat enzim spesifik dalam tubuh, dan kemudian mengatur kolesterol.

Selain itu, senyawa sulfur juga dapat Membantu pembuluh darah melebar, sehingga mengatur tekanan darah dan melindungi kardiovaskular. Terutama di musim dingin, ketika suhunya rendah, tekanan darah mudah berfluktuasi.

3. Menjaga Lingkungan Usus
Bawang putih kaya akan fructooligosaccharides yang merupakan sejenis serat makanan yang larut dalam air, tidak mudah dicerna dan diserap oleh usus, bawang putih merupakan nutrisi bagi bakteri baik di usus, yang dapat meningkatkan pertumbuhan bakteri baik dan meningkatkan kesehatan usus.

Usus juga merupakan dasar kekebalan tubuh. Jika fungsi usus normal, kekebalan tubuh dapat disesuaikan dan tubuh menjadi sehat. Selain itu, serat makanan juga dapat meningkatkan metabolisme limbah dalam tubuh dan juga membantu mengatur lemak darah.

Namun, para ahli mengingatkan bahwa bawang putih yang dikonsumsi dalam masakan pada umumnya biasanya hanya beberapa potong kecil atau paling banyak satu atau dua sehingga manfaat yang dapat dari bawang putih masih terbatas.

Jika Anda ingin mendapatkan lebih banyak nutrisi dan manfaat dari bawang putih, sebelum memasak menggunakan bahan bawang putih,ingatlah setelah bawang putih dipotong lalu biarkan terlebih dahulu selama 3 hingga 5 menit untuk memungkinkan allicin dilepaskan sepenuhnya.

Meskipun banyak manfaat dari bawang putih dan beberapa orang tahu bahwa bawang putih sangat bermanfaat bagi kesehatan, banyak orang yang takut akan rasa bawang putih dan tidak berani memakan atau mengkonsumsinya.

Belum ada Komentar untuk "Bumbu Dapur! Inilah 3 Manfaat Utama Bawang Putih Yang Tidak Banyak Diketahui"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel